Kompetisi Nasional IoT Universitas Andalas 2017 – FT Juara

Kompetisi Aplikasi Internet of Things Tingkat Perguruan Tinggi se – Indonesia 2017 merupakan kompetisi yang diadakan oleh Universitas Andalas Padang dalam rangka mendukung kemajuan ragam produk aplikasi IoT di Indonesia.
Karya aplikasi berdasarkan data yang dianalisis secara runtut, tajam, dan diakhiri dengan kesimpulan yang dapat memberikan solusi serta relavan. Hasil karya ini diharapkan menjadi dasar pemikiran di masa mendatang dan sebagai pemecah permasalahan yang ada.

Teknik elektro universitas langlangbuana ikut serta dalam perlombaan yang diadakan oleh universitas andalas. Dibentuk team dengan nama FT Juara dengan formasi ketua Heru Prambudiono yang beranggotakan Aditya Suwardhany dan Arief Fathurochman. Alat yang dibangun oleh team FT Juara bernama “Monitoring jantung jarak jauh untuk funbike” dimana deskripsi dari alat yang dibangun adalah sebagai berikut:

Monitoring jantung jarak jauh untuk funbike berfungsi untuk membaca detak jantung penggunanya. Selain untuk mendeteksi detak jantung, berfungsi juga untuk membaca temperature, kadar oxygen dalam darah, deteksi jatuh, speedometer dam google maps. Alat ini berbentuk seperti jam tangan sehingga sangat mudah digunakan oleh pengguna.

Gambar ilustrasi pesepeda dan alat yang dibangun

Cara kerja alat ini yaitu dengan membaca detak jantung pesepada dan apabila melebihi batas normal maka akan ada peringatan. Selain membaca detak jantung alat ini juga bisa mendeteksi jika pesepada terjatuh. Semua data hasil pembacaan akan di kirim ke smartphone android dengan komunikasi bluetooth, dimana di android tersebut sudah di install aplikasi untuk memudahkan pengguna dalam membaca detak jantung. Selain detak jantung di dalam aplikasi juga di lengkapi dengan speedometer dan maps yang fungsinya untuk tracking. Semua data akan di kirim ke internet supaya bisa di pantau oleh pihak kerabat atau siapapun yang membutuhkan informasi mengenai kondisi jantung pengguna.

Daftar finalis yang masuk grand final yaitu:
1. FT-Juara : Universitas Langlangbuana
2. The Ex  : Universitas Brawijaya
3. HIVA : Institute Teknologi Bandung
4. TransHMSK : Universitas Andalas
5. Bonaventure : Universitas Brawijaya
6. GEOITS : Institut Teknologi Sepuluh November
7. Midun_PNP : Politeknik Negeri Padang
8. ExART : Universitas Brawijaya
9. Onteam : Universitas Andalas
10. Orange : Universitas Andalas

Dengan hasil akhir final kompetensi :
Juara 1 : Universitas Langlangbuana
Juara 2 : Universitas Brawijaya
Juara Favorit : Universitas Andalas
Juara Impact : Institute Teknologi Bandung

Dokumentasi Hasil Komputensi:

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *