Mahasiswa Teknik Elektro UNLA Juara 2 PENA 2017

Perkembangan dunia medis saat ini memicu perkembangan teknologi yang menunjang kebutuhan medis. Dengan diadakannya Pekan Elektromedik Nasional (PENA) 2017 menjadi wadah kreatif mahasiswa untuk menciptakan inovasi teknologi dalam bidang medis. Pada ajang PENA kali ini terdapat 2 kategori yaitu Biomedical Signal dan Life Support, dimana pada kategori Biomedical Signal para peserta membuat peralatan yang mempunyai fungsi pemrosesan sinyal biomedis khususnya sinyal informasi fisiologis tubuh manusia dan pada kategori Life Support para peserta membuat peralatan yang dapat mendukung hidup manusia yang mengalami kegagalan fungsi pada organ vital.

Teknik Elektro Universitas Langlangbuana mengirimkan team untuk mengikuti PENA 2017. Team terdiri dari ketua Heru Prambudiono, anggota Teguh Rizki Permana dan Fasya Ferzal. Kategori yang diikuti oleh team teknik elektro unla adalah Biomedical Signal alat yang dibuat adalah monitoring pasien jarak jauh dengan nama “Vsign”. Vsign merupakan alat yang dapat memonitoring kondisi kesehatan pasien di rumah sakit secara real time 24/7 dan bisa di akses dari jarak jauh. Alat ini terdiri dari dua bagian, yaitu Vsign Mobile dan Gateway. Vsign Mobile adalah suatu alat yg di pasangkan pada pasien untuk membaca kondisi pasien dan data hasil pembacaan di tampilan di LCD 2.4” dan juga data di kirimkan ke Gateway. Gateway itu sendiri adalah suatu server local yang di tempatkan di rumah sakit, dimana gateway ini yang menghandle beberapa Vsign mobile. Satu Gateway bisa
menghandle sampe 250 Vsign mobile. Jarak dari Vsign ke Gateway adalah radius 1km, sedangkan jika ingin di akses dimana pun maka gateway akan mengirimkan data ke
cloud dengan jaringan Internet. Alat yang kami buat mempunyai beberapa keunggulan, diantaranya :

  • Monitoring pasien secara realtime dari jarak jauh.
  • Sistem terintegrasi sehingga informasi selalu update.
  • Adanya aplikasi mobile baik untuk keluarga pasien atau dokter sehingga respon lebih cepat
  • Terdapat Panic Button untuk pasien

Dengan menggunakan alat monitoring pasien jarak jauh ini maka akan mempercepat proses pengambilan data medis pasien yang biasanya di lakukan oleh suster.

Gambar monitoring pasien jarak jauh secara keseluruhan

Vsign membawa team elektro unla memasuki grand final bersama 9 team dari universitas lain yaitu President University, Poltekes Kemenkes Surabaya, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Padjadjaran, Politeknik Mekatronika, Sanata Darma, Universitas Trujoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Gambar piala dan piagan PENA 2017

Pada PENA 2017 team elektro unla menjadi juara kedua pada kategori Biomedical Signal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *